Cara Menunggah dan Mempublikasikan Filter Kalian ke Instagram

3 comments







Halo teman teman semua.. semoga kalian selalu diberikan kesehatan dikala pandemi ini ya

Pada tulisan kali ini saya akan mengajarkan kepada kalian semua cara untuk mengunggah filter instagram yang sudah kalian buat dan mempublikasikannya ke Instagram dan sekaligus melanjutkan post sebelumnya yang membahas cara membuat filter instagram sendiri di Spark AR. Oke kita langsung mulai tutorial kali ini let's go

1. Ekstrak File Project
Pertama kalian buka project kalian sebelumnya lalu  kalian ekstrak dengan cara klik Upload and            Export lalu akan muncul jendela dan kalian klik tombol export lalu kalian simpan.






2. Upload 
Setelah kalian export dan simpan, selanjutnya kalian kembali ke jendela Upload and Export yang sebelumnya dibuka lalu kalian klik tombol berwarna biru yang bertuliskan Upload dan proses upload langsung berjalan. Setelah file berhasil di upload maka kalian akan ditujukan ke website Spark AR Hub dan login dengan akun Facebook kalian.




Jika sudah login maka kalian akan masuk ke halaman web Menerbitkan Efek. Disini kalian akan memberikan informasi dan identitas dari filter kalian. 
  • Langkah pertama yaitu kalian memberikan nama filter kalian pada kolom Nama.


  • Pada File kalian biarkan saja karena sudah otomatis file export kalian ter-upload
  • Lalu pada platform kalian pilih Instagram.
  • Pada bagian pemilik kalian pastikan apakah disitu sudah tercantum akun Instagram kalian apa belum.
  • Selanjutnya kalian memilih Kategori untuk filter kalian. Sesuaikan dengan filter kalian, jika filter kalian memunculkan efek make up atau retouching  kalian pilih kategori Selfie dan Tampilan.
  • Lalu kalian masukkan Kata Kunci untuk filter kalian. Pilih kata kunci yang mendeskripsikan filter kalian misalkan, filter yang saya buat di tutorial kemarin adalah filter sponge bob maka pada kata kunci saya masukkan sponge bob.
  • Selanjutnya kalian upload video demo kalian dengan cara yaitu buka project filter kalian di Spark AR Studio lalu Test on Device lalu kalian buka linknya di Instagram dan kalian rekam video demo dari filter kalian. Lalu kalian klik Unggah File lalu kalian upload video demo kalian yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Lalu kalian unggah Ikon filter kalian. Perlu diingat, untuk ikon usahakan pilh atau buat ikon yang mendeskripsikan filter kalian.
  • Tanggal Penerbitan kalian pilih sesegera mungkin
  • Lokasi kalian pilih di mana saja agar semua orang dapat menggunakan filter kalian.
  • Terakhir, kalian klik tombol Ajukan  dan tunggu filter kalian disetujui oleh pihak Instagram. Sepengalaman saya, lama waktu pada proses ini paling lama 2 atau 3 hari.
  • Untuk mengecek status persetujuan filter, kalian akses website Spark AR Hub lalu kalian klik Efek lalu kalian lihat pada Status Ulasan. Jika filter kalian sudah disetujui maka muncul keterangan Diterima pada status ulasan. Contohnya seperti ini


Demikian tutorial tentang mengunggah dan mempublikasikan filter ke Instagram. Mudah-mudahan tutorial ini dapat dipahami dan bermanfaat untuk kalian semua yang sedang belajar membuat filter. Jika ada yang ingin ditanyakan, ataupun kritik dan saran silahkan kalian sampaikan di kolom komentar. Sekian dari saya, stay creative and see you next time  !

Wassalamu'alaikum Wr.Wb 

 











Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

3 komentar:

  1. Ternyata gitu cara upload filter buatan kita di instagram yak xD
    Jujur aja kayaknya Aku nih bakal tetep jadi user pengguna filter aja buat sekarang :') soalnya masih belom bisa bikinnya nih HEHEHEHEHEHHEE :(

    Tapi terimakasih Ichsan atas informasinya! Postnya sangat bermanfaat! :D

    BalasHapus
  2. Thank you ikhsan sudah memberikan informasi cara pembuatan filter diinstagram :D

    BalasHapus
  3. Wah kerenn, baru tau caranya ternyata kaya gini. Makasih ichsan, bermanfaat banget informasinya!

    BalasHapus